Cinta

Apakah cinta mempunyai tempat dalam Islam? Apakh seorang Muslim diperbolehkan mempergunakan istilah cinta? Apa saja hal-hal yang dicintai oleh seseorang dan apa saja yang dibencinya?
Sesungguhnya kelembutan cinta telah banyak menggoda keadaan manusia banyak, sebagian orang mengira bahwa istilah ini hanya khusus untuk pengagum hawa nafsu, bahwa cinta merupakan sifat berkhayal! Bahkan menurut mereka, cinta tidak punya tempat bagi orang-orang yang shalih dan taat. Namun, hakikat sebenarnya tidaklah demikian.
Seorang Muslim yang paling banyak cintanya, paling kuat sayangnya dan paling kuat perasaannya. Akan tetapi, perasaan dari hati banyak memenuhi relung hati seorang Muslim? Sesuatu apakah yang paling banyak dicintai oleh seorang Muslim daripada Lainnya?
Kecintaan yang paling banyak memenuhi hati seorang Muslim adalah cinta kepada Allah swt dan Rasulullah saw, karena keduanya ia cintai hingga melebihi cintanya kepada dirinya sendiri disebabkan nikmat dan kebaikan yang diberikan kepadanya.
Seorang Muslim mencintai Allah karena Dialah yang memberi kehidupan bagi manusia, dan Dialah sumber penciptaan. Seorang mencintai Rasulullah saw penyebab dia mendapatkan hidayah dalam kebenaran dan keselamatan dari neraka. Seorang Muslim tidak akan mendapatkan manisnya iman hingga dia menjadikan Allah dan Rasul-Nya paling dicintai dari selain keduanya. Hal-hal yang memenuhi hati seorang Muslim adalah cinta kepada keluarga, istri dan kenikmatan yang halal. Seorang Muslim juga mencintai teman-temannya, saudara seiman dengan kecintaan yang tulus karena Allah swt.
Semua yang ada dalam alam semesta ini dicintai oleh seorang Muslim. Dan tidak ada pada akidah seorang Muslim rasa pesimis dengan pertanda sebagian alam (atau kejadian alam) sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang bodoh. Orang-orang bodoh yang suka melaknat gelap gulita, mereka memandang gelap dengan pandangan penuh ketakutan, kebencian dan pesimistis. Bahkan kita dapati bahwa Islam telah meluhurkan orang Muslim sampai pada tingkatan yang tinggi, yakni dengan melihat alam semesta ini dan menjadikan hal itu sebagai bukti bahwa Allah swt sang Pencipta langit dan bumi.
Hingga orang-orang yang dibenci oleh seorang Muslim, sesungguhnya Allah swt membenci mereka dengan kebencian yang masih disertai dengan kasih sayang dengan harapan mereka akan kembali.

Semoga kita selalu menyadarinya :)

No comments:

Post a Comment