Pengaruh Sekeliling Kita Pada Proses Belajar

1. Cahaya lampu
Ruangan/kamar tempat kita belajar cukup terang dan cahayanya rata. Kalau terlalu terang atau kurang terang kita akan lekas letih bila membaca ataupun sakit kepala, karena itu berkuranglah waktu kita untuk belajar.
2. Udara
Tempat belajar itu mestilah cukup udara yang bisa bergerak dengan bebas dan berganti selalu, waktu kita bernapas, kita menyedot oksigen dan karbon dioksida dihembusnya ke luar.
Bagian-bagian udara yang disedot dan dihembuskan:
                               Udara sedot     Udaara dihembuskan
Oksigen                       20,94                    16,4
Nitrogen                         79                       79,5
Karbon dioksida           0,04                       4,1
Dari tabel diatas jelaslah kelihatan bahwa udara yang dihembuskan kembali itu bertambah 4% karbon dioksidanya. Kalau seorang itu diam dalam 1 kamar/ruang yang tidak dimasuki udara baru, udara disitu lama kelamaan akan dipenuhi oleh karbon dioksida dan ini akan membuat orang itu menjadi sakit kepala dan hendak muntah.
3. Suhu udara
Udara terlalu sejuk atau terlalu panas juga tidak baik untuk belajar. Temperatur panas yang baik untuk belajar ialah 60'F-70'F. Kalau terlalu panas atau terlalu sejuk badan kita akan tidak merasa enak dan ini tidak baik untuk belajar.
4. Tempat belajar
Dalam waktu belajar, kita sebaiknya jangan diganggu oleh:
- Anak-anak menangis
- Bunyi bising
- Orang-orang lalu lalang di depan jendela
- Buku-buku harus dapat dijangkau dan jangan susah di ambil.
Memang sulit untuk menghindar dari gangguan-gangguan ini. Bila kita sedang belajar mungkin ada yang membuat bising, ada yang menyetel lagu keras-keras, kadang-kadang ada teman datang untuk ngbrol atau mengajak pergi nongkrong. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, kita harus berani menolak ajakan-ajakan atau gangguan-gangguan dari mereka pada waktu kita sedang belajar. Kalau tidak, kita tidak akan dapat belajar.
Kalau kita tidak ada tempat belajar di rumah, pergi belajar di perpustakaan. Disini, kita akan lebih melihat orang-orang ramai belajar. Disinilah letaknya salah satu faktor penyebab kemerosotan studi tempat belajar di rumah selalu terganggu sedangkan di perpustakaan terlalu banyak yang ngobrol.
5. Tempat duduk
Tempat duduk waktu belajar janganlah terlalu lembut : Misalnya duduk di sofa, karena terlalu santai seperti itu, kita merasa segan untuk belajar. Tempat duduk yang paling baik untuk belajar adalah kursi biasa dan duduklah tegak serta menghadap meja. Meja itu berukuran 2 kaki x  4 kaki supaya cukup tempat buku dan kertas-kertas. Kursi itu cukup tinggi tapak kaki dapat diletakkan rata diatas lantai.
Bila membaca, kita harus duduk karena dengan cara begini kita dapat membaca lama dan memahaminya. Kalau kita membaca sambil tiduran, kita akan kurang dapat mengkonsentrasikan perhatian kepada apa yang kita baca, dan juga kita akan gampang tertidur.

Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment