Problematika Remaja

Masa remaja termasuk masa terpenting dalam fase umur manusia, pada masa itu pola pemikiran masih labil dan pada masa itu pula terbangunlah akidahnya. Juga pada masa perkembangan tersebut, terbentuklah jati dirinya dan tertanamlah akhlaknya. Saat itu sangatlah dahsyat pertempuran antara kebaikan dan kejahatan, antara kebenaran dan kebathilan, antara kehidupan yang suci penuh harga diri dan kehidupan yang sarat permainan dan kesia-siaan.
Sudah maklum bahwa remaja pada fase umur ini menghadapi berbagai macam problematika, krisi pemikiran, dekadensi (kemerosotan) moral, psikologis dan fisikis. Sedangkan mereka tidak mempunyai pelindung dari pengaruh semua ini, kecuali berpegang teguh pada Islam, berjalan pada jalurnya dan di bawah bimbingannya.
Di sini kita bisa simpulkan problematika remaja dalam beberapa poin berikut ini:
1.  Problematika penyimpangan dari agama, meninggalkan ibadah dan menjalani kehidupan tanpa tujuan, tanpa arahan dan tanpa agama. Atau mempunyai keimanan terhadap akidah agamanya secara teori, namun meninggalkannya dalam tataran prakteknya.
2.  Fitrah yang telah Allah berikan kepada manusia bila tidak memeluk agama yang hak, maka ia akan memeluk agama yang bathil dan menyembah selain Allah swt.
3.  Senantiasa dalam keadaan membutuhkan kepada orang yang mengisi kegersangan hatinya.
4.  Di antara problematika remaja adalah memenuhi tuntutan fisik, tuntutan ini jika tidak dipenuhi dengan jalan yang disyariatkan maka remaja dengan dorongan nalurinya akan mencari (pemuasannya) dengan cara yang tidak disyariatkan.
5.  Kejemuan terhadap ilmu dan dari mempelajarinya serta cenderung terhadap permainan dan bermalas-malasan. Problem ini menular kepada problem lainnya.
6.  Dan krisis moral, hampa dari amalan-amalan utama dan menentang terhadap adat-adat yang lurus. Solusi krisis dengan cara mendidik dan mengarahkan (kepada Islam) dan menciptakan figur tauladan serta panutan di mata para remaja.

Semoga bermanfaat buat kita :)


No comments:

Post a Comment