Tindakan Sebelum Menghadapi Ujian

Akhir-akhir ini, banyak sekali saya dengar orang mengeluh karena waktu ujian kuliah segera tiba :). Saya akan menjelaskan bagaiman sebelum menghadapi ujian.
Keberhasilan dalam menghadapi ujian tergantung kepada 3 perangkat tindakan. Kalau ke tiga perangkat ini dilaksanakan, keberhasilan akan dapat dicapai :
1.  Belajar sepanjang semester
2.  Mengulang pelajaran sebelum menghadapi ujian
3.  Tindakan dalam menghadapi ujian
Perangkat pertama telah kita sebutkan, sekarang mari kita tinjau perangkat kedua. Dalam perangkat ini, kita harus mempersiapkan diri dalam 4 bidang yaitu :
1.  Intelektualitas (mengulang pelajaran
2.  Emosi
3.  Kesehatan (tidur, makan, kerja)
4.  Peralatan ujian
     Keterangan :
1.  Persiapan Intelektualitas (Mengulang)
Supaya persiapan intelektualitas kita benar-benar mantap untuk menghadapi ujian, kita mesti mengulang pada bulan terakhir akan menghadapi ujian. Kalau materi ilmiah yang akan diuji untuk satu semester untuk satu dua tahun perkuliahan maka langkah yang mesti diambil adalah :
a).  Belajar yang pertama
b).  Mengulang yang pertama (pada hari itu juga atau satu hari kemudian)
c).  Mengulang pada pertengahan masa kuliah
d).  Mengulang pada bulan terakhir, kira-kira 6 hari seminggu sebelum ujian
      Cara mengulang :
Sebaiknya kita mencoba menjawab soal-soal lama. Buatlah seakan-akan kita menghadapi ujian, dan suruh seorang teman untuk menilai jawaban yang telah kita buat tadi. Latihan seperti ini akan menunjukan apa kelemahan kita nanti dalam menghadapi ujian. Apabila masih ada kekurangan kita masih ada waktu untuk memperbaikinya sebelum ujian, tetapi karena soal-soalnya berbelit-belit, kita tidak dapat menjawabnya. Inilah kegunaan latihan menjawab soal-soal lama. Kita dapat berpikir panjang untuk menjawab soal-soal itu, dan bila keluar soal-soal yang sejenis, kita mampu menjawabnya nanti.
2.  Persiapan Emosi - Jangan Risau
Hadapilah ujian dengan hati tenang dan jawab dengan sebisa-bisanya. Kalau kita risau, mungkin kita tidak dapat menjawab langsung.
3.  Persiapan kesehatan
Ada beberapa langkah yang boleh diambil untuk mengelak dari terkena penyakit ataupun rasa tidak enak badan :
a).  Pertama, soal tidur. Kita meski cukup tidur, kira-kira 7-8 jam sebelum hari ujian itu. Janganlah bergadang sampai pukul 3 pagi.
b)   Kedua, soal makan. Sebelum ujian janganlah makan terlalu banyak atau minum-minuman keras, karena itu akan membuat rasa badan kita tidak enak ataupun perut tidak enak. Kedua hal ini mengganggu kecerdasan berpikir dalam ujian. Sebaliknya pula, janganlah terlalu lapar karena ini juga menghadapi pikiran yang waras.
c).  Ketiga, soal kerja berat.Sebelum hari ujian, janganlah membuat pekerjaan-pekerjaan yang melatih-kan badan seperti bermain bola, joging, mendaki gunung dan sebagainya. Ini meletihkan badan dan badan yang letih akan menghalangi cara berpikir dengan tenang dalam ujian nanti. Tetapi senam yang ringan seperti berjalan kaki kira-kira 1 kilometer, bersenam di rumah dan sebaliknya memang baik dilakukan karena ini menggerakan urat saraf kita. Ini membuat kita lebih cerdas dan otak kita pun lebih cerdas pula.
4.  Persiapkan alat-alat tempur kita :). pena, pensil, penghapus dan alat yang diperlukan.

 Semoga bermanfaat buat Sobat Muda :)

No comments:

Post a Comment