Hobi Menulis Susah Gag Ya???

"Menulis itu mudah". "Menulis ..? itukan pekerjaan yang sangat mengasyikan". 
Ucapan tersebut tentu saja muncul dari mulut orang-orang yang punya hobi menulis. Dan terlebih lagi, mereka yang sudah jadi penulis. Bagi mereka, mungkin tidak ada lagi pekerjaan yang lebih memberi kenikmatan selain menulis.
Namun, mereka yang baru sebatas punya keinginan atau angan-angan menjadi penulis, tentu memiliki pendapat berbeda. Rangkaian kata yang mengalir dari ujung bibir mereka juga sangat bertolak belakang. Yang sering kali terdengar hanya keluhan.
Memang, bagi seorang pemula, sama seperti saya dan teman-teman masih sebagai pemula dalam hal apapun, melaksanakan suatu pekerjaan tak pernah terasa mudah. Kendalanya pasti ada aja. Dalam urusan yang menyangkut kreativitas, seperti membuat tulisan, apa lagi. Kesulitan terasa ada dimana-mana, bahkan sejak "Mencari ide".
Rasanya, semua ide yang terlintas dalam pikiran tak layak dijadikan tulisan. Sepertinya, tak ada satu pun yang menarik. Kalaupun ada, rasanya, kok, ide itu sudah pernah ditulis orang. Menemukan ide yang menarik dan layak memang selalu menjadi momok bagi penulis, khususnya bagi pemula maupun menengah. Tidak jarang sampai ada penulis yang putus asa dan beranggapan bahwa "Semua ide sudah ditulis orang dan tak mungkin lagi menemukan ide baru".
Benarkah ide yang masih dapat digarap menjadi naskah untuk sebuah buku (Nonfiksi) kian menyempit? Atau, memang sesulit itukah menemukan ide maupun tema naskah sebuah buku?
Kenyataannya tentu tidak seperti itu. Yang namanya ide (Dalam hal apa pun) tidak mungkin habis selama bumi ini masih berputar. Perkembangan dunia ini, pada semua aspek, justru semakin membuka kemungkinan bagi munculnya tulisan-tulisan baru, tentang hal-hal yang juga baru.
Misalnya saja, soal internet. Sebelum kehadiran teknologi tersebut, tentu sulit, bahkan tak mungkin menciptakan tulisan tentangnya. Namun, sekarang, coba saja anda berkunjung ke perpustakaan umum atau ke toko buku, pasti banyak menemukan buku bertemakan internet.
Ide untuk menulis memang selalu ada, dan sebenarnya, tak pernah surut. Jika dirasa sulit memperolehnya, orang bilang, salah satunya adalah karena kita berpikir jauh dan terlalu keras.
Banyak orang tak menyadari, hal-hal yang dapat ditulis menjadi buku tidak hanya hal-hal yang Waauuww. Ide-ide yang biasa diolah menjadi bacaan nonfiksi tidaklah harus ide-ide yang luar biasa. Sebenarnya bisa saja sesuatu yang ada di dekat kita, bisa sangat dekat. Mungkin saja ide atau hal-hal tersebut adalah sesuatu yang kita lewati dalam perjalanan, kita alami, atau rasakan setiap hari. 

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment