Membaca Salah Satu Hobi

Seperti dalam setiap kehidupan hobi selalu mendampingi kita, tanpa hobi dalam kehidupan akan terasa ada kekurangan pada diri sendiri. Hidup harus mempunyai hobi, karena diperlukan untuk melupakan kegiatan rutin untuk menenangkan pikiran. Pikiran menjadi lebih fresh, menjadi sehat sehabis melakukan kegiatan yang sesuai dengan hobi. Kehidupan terasa nikmat apabila diwaktu senggang dapat menjalankan hobi yang dimiliki. Seperti membaca, menulis, bernyanyi, berenang, memancing, nge-band, membuat kerajinan, melukis dan lain sebagainya. Semua yang dikerjakan dengan hobi akan terasa sangat nikmat dan seru. 
Hobi membaca sebenarnya sangat mudah, kalau membaca belum menjadi kebiasaan tentu rasanya malas untuk membaca buku. Apalagi membaca, melihat buku saja sudah malas, malahan lebih senang bermalas-malasan. Tetapi kalau dilakukan dengan terus-menerus tentunya akan menjadi keasyikan tersendiri. Membaca merupakan hobi yang baik, mengingat kita semakin lama semakin tua, tentu membaca akan terus dapat dilakukan. Dimasa tua mungkin satu-satunya hobi yang bisa dilakukan hanya membaca.
Dulu saya juga malas membaca. Setiap kali membaca kepala saya rasa mau pecah. Tapi saya coba setiap hari membaca, agar bisa menjadi kebiasaan maupun hobi. Dan sekali seminggu saya sempatkan keperpustakaan wilayah dan juga saya sempatkan membeli buku. Alhamdulilah sampai hari ini saya tidak bosan-bosannya membaca. 
Sebenarnya untuk memulai membiasakan diri untuk membaca cukup simple. Coba cari buku yang menarik untuk dibaca, baca baik-baik dan simak isinya. Apakah isi buku itu lucu, romantis, bisnis, sejarah, agama, atau entah apa sajalah, yang penting anda suka. Apabila ada rasa ketetarikan dalam membaca konsentrasikan diri anda pada objek yang dibaca. Dengan kesungguhan dan konsentrasi seolah-olah anda akan larut dalam isi buku yang anda baca, disinilah akan timbul ketertarikan tersendiri.Buku sangat kaya akan pengetahuan dan pengalaman, buku dapat memberikan pengetahuan tersendiri, tergantung dari cara kita mencerna isinya, dan cara analisa anda. Ketertarikan akan semakin tinggi apabila terus mencobanya. Dan jaman sekarang ini, kita sudah gampang untuk membaca dimana kita berada. Dengan gadget kita bisa membaca dengan E-book (Electronic book) dan tidak harus membaca buku cetak.

Semoga bermanfaat :)   

No comments:

Post a Comment