Mendadak Milyarder

Remaja yang mendadak kaya raya ini adalah Nick D'Aloisio. Senin, 25 Maret 2013, Yahoo! mengumumkan pembelian aplikasi Summly yang dibuat oleh remaja asal London yang berusia 17 tahun itu. Nick bahkan disebut majalah Forbes sebagai salah satu dari "30 entrepreneur berusia di bawah 30 tahun" yang perlu diperhatikan. 
Yahoo! tidak membeberkan informasi mengenai beberapa harga yang dibayar untuk membeli aplikasi Summly. Namun banyak pihak memperkirakan nilainya sekitar 30 juta dolar AS (Setara dengan Rp 290 milyar). Sekitar 90% dibayarkan tunai dan sisanya dalam bentuk kepemilikan saham di Yahoo!.
Summly adalah aplikasi dengan algoritma kompleks yang mampu meringkas berita panjang dalam jaringan internet (daring) menjadi tiga paragraf pendek sehingga mudah dibaca di layar smartphone.
Nick membuat Summly karena frustasi saat mengerjakan tugas sekolah. Ia kerepotan dengan banyaknya artikel tak relevan saat mencari bahan di internet. Hal itu mendorong dia mencari cara untuk menyaring informasi.
Remaja itu membangun Summly di meja belajar kamarnya saat masih berusia 15 tahun. Aplikasi itu telah diunduh jutaan kali dan meringkas setidaknya 90 juta berita sejak versi awal aplikasi diluncurkan dengan nama Trimit pada tahun 2011.
Trimit, yang muncul di Apple's App Store dan langsung diserbu pengunduh, menarik perhatian Horizons Ventures, perusahaan pemodal ventura milik triliuner Hongkong, Li Ka-shing, yang kemudia berinvestasi 250.000 dolar Amerika.
Investasi itu mendatangkan investor lain, mulai dari aktor Ashton Kutcher, Yoko Ono (Janda John Lenon), penulis dan penyiar kondang dari Inggris Stephen Fry, sampai raja media pemilik News Corp, Rupert Murdoch.
Summly, pengembangan dari Trimit, diluncurkan pada November 2012. Sebulan kemudian Nick dihubungi Yahoo! dan sejumlah peminat lainnya.
Cerita sukses Nick yang mendadak kaya raya ibarat dongeng keberhasilan dalam semalam. Padahal tentu saja tidak. Nick meretas jalan suksesnya dalam tempo bertahun-tahun.
Ayoooo remaja Indonesia, kamu pasti bisa seperti Nick D'Aloisio. 

Semoga bermanfaaat :)

No comments:

Post a Comment