Bagaimana Uang Dimulai?

Bagaimana uang dimulai? Ketika masyarakat sudah terbentuk melebihi beberapa keluarga, dari sana dimulainya kemunculan uang.
Untuk menjelaskan peran uang, kita masih perlu menoleh kebelakang dan bertanya: apa yang mengharuskan manusia melakukan pertukaran? Pertukaran adalah basis utama kehidupan ekonomi. Tanpa pertukaran, tidak akan tercipta perekonomian rill dan praktis tidak akan ada masyarakat. Jelas, pertukaran sukarela terjadi karena kedua belah pihak mengharapkan keuntungan. Pertukaran merupakan sebuah kesepakatan antara A dan B untuk mentransfer barang atau jasa kepada satu orang dengan barang atau jasa untuk orang lain. Keduanya mendapat keuntungan karena dalam penilaian masing-masing, apa yang diterimanya dalam pertukaran lebih besar nilainya daripada apa yang diserahkannya untuk itu. Ketika Budi, Katakanlah namanya itu, menukarkan beberapa ekor ikan untuk memperoleh sejumlah kayu bakar, dalam penilaian Budi kayu yang dibelinya itu lebih bernilai daripada ikan yang ia jual. Sementara bagi Rudi, yang berlaku justru sebaliknya, ikan yang diterimanya lebih berharga daripada kayunya.
Sejak Aristoteles hingga Marx, manusia telah meyakini secara keliru bahwa pertukaran selalu mengandung semacam kesetaraan nilai, bahwa jika satu barel ikan dipertukarkan dengan sepuluh potong kayu, maka terdapat semacam kesamaan nilai yang mendasari transaksi kedua jenis barang tersebut. Sesungguhnya, pertukaran terjadi hanya karena masing-masing pihak menilai kedua produk tersebut dalam tatanan nilai yang berbeda.
Mengapa pertukaran menjadi begitu universal bagi umat manusia? Jawaban fundamentalnya adalah karena terdapat begitu banyak variasi di alam ini, baik variasi manusia maupun diversifikasi lokasi sumber daya. Setiap individu memiliki seperangkat keterampilan dan kepandaian yang berbeda. Setiap jengkal tanah memiliki ciri unik serta sumber dayanya yang berbeda. Dari fakta alamiah yang eksternal ini maka munculah pertukaran. Maka Beras di Sumbar pun dipertukarkan dengan besi di Medan. Jasa medis seorang dokter dipertukarkan dengan permain gitar seorang. Spesialisasi memungkinkan setiap orang untuk mengembangkan keterampilan terbaiknya dan memungkinkan setiap wilayah untuk mengembangkan sumber dayanya masing-masing. Jika tak seorang pun dapat melakukan pertukaran, atau jika setiap orang dipaksa atau terpaksa berswadaya dan berswasembada, maka tentu sebagian besar dari kita akan menderita kelaparan yang mematikan, sementara sebagian yang selamat hanya akan dapat bertahan hidup saja. Pertukaran adalah darah bagi kehidupan, bukan saja bagi perekonomian, melainkan juga bagi peradaban itu sendiri.
Jadi peran uang, sebagai nilai tukar yang cukup adil buat seorang.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment