Kapitalisme = Mafia

Apa yang sobat muda ketahui mengenai tentang kapitalisme? Mungkin sebagian ada yang tahu, dan sebagian lagi lupa atau dulunya memang gag tahu. Mungkin kapitalisme bisa disebut sebagai sebuah ideologi yang menggunakan kapital atau modal milik perorangan atau milik kelompok kecil masyarakat sebagai alat penggerak kesejahteraan manusia. Yang disebut dengan modal itu ialah meliputi kekayaan dalam segala jenisnya termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya. Semua yang ada di dunia harus dijadikan kapital perorangan atau kelompok kecil orang untuk memperoleh keuntungan. Dengan cara menerapkan sistem kerja upahan di mana buruh diperas, ditindas, dan dihisap oleh kaum kapitalis.
Dan kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan bisnisnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, Maka pemerintah tidak bisa campur tangan guna mendapatkan keuntungan bersama, tapi campur tangan pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan pribadi mereka. Oleh sebab itu, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi umum yang bisa diterima secara luas. 
Beberapa tokoh mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan alat/mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut. Bagi saya prinsip kapitalisme ini sama dengan prinsip mafia.
Kapitalisme memiliki sejarah panjang, yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. DI Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai sebagai cikal bakal kapitalisme.Pemerintah mendominasi bidang perdagangan selama berabad-abad namun kemudian malah memunculkan ketimpangan ekonomi. Para borjuis pada era sebelumnya mulai memegang peranan penting dalam ekonomi perdagangan yang didominasi negara atau lebih dikenal dengan merkantilisme.
Dan seorang tokoh ekonomi kapitalis klasik Adam Smith, yang menyerang merkantilisme yang dianggapnya kurang mendukung ekonomi masyarakat. Ia menyerang para psiokrat yang menganggap tanah adalah sesuatu yang paling penting dalam pola produksi. Gerakan produksi haruslah bergerak sesuai konsep 'Modal-Komoditas-Uang', yang menjadi suatu hal yang tidak akan berhenti, karena uang akan beralih menjadi modal lagi dan akan berputar lagi bila diinvestasikan. Adam Smith memandang bahwa ada sebuah kekuatan tersembunyi yang akan mengatur pasar, maka pasar harus memiliki kebebasan dari campu tangan pemerintah. Pemerintah hanya bertugas sebagai pengawas dari semua pekerjaan yang dilakukan oleh rakyatnya.
 
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment