Usaha Mini Butik

Kali ini kita akan membahas mengenai usaha mini butik. Yah, kalau sebuah produk sandang selesai dibuat, pasti butuh dijual, bukan? Jadi, usaha ini ibaratkan jembatan penghubung antara produsen pakaian dengan pembeli atau end user-nya. Konter pakaian atau mini butik ini akan memudahkan anda dalam penjualan produk baju.
Sebab, konsumen akan bebas memilih dan baju yang disediakan pun bisa dilihat bahkan dicoba sehingga pembeli bisa benar-benar nyaman dengan produk yang dibelinya.
oh ya, tapi kali ini jangan dulu membayangkan butik yang ukurannya seperti department store loh. Kecuali memang anda mempunyai dana untuk itu. Kali ini yang kita bicarakan adalah model butik mini kelas rumahan atau kelas kecil di pinggiran jalan. Atau, kalau memang punya modal yang cukup, bisa juga buka butik dengan menyewa kios di tepi jalan dekat perkotaan yang ramai dikunjungi orang atau bahkan mal atau pusat pertokoan.
Tapi, okelah. Apa pun jenis ukuran butik dan kelas yang anda pilih tidak masalah. Tergantung pada bagaimana anda mengelola butik anda agar dikunjungi orang. Di satu sisi, untuk menekan biaya memang kadang anda bisa buka di rumah saja. Tapi, kalau sepi bagaiman menjualnya? Di lain pihak, dengan menyewa tempat di pusat keramaian dengan biaya yang lebih tinggi, bisa saja hasilnya akan lebih menguntungkan. Tapi, sekali lagi, yang penting disini adalah semangat anda untuk memulai usaha ini. Kalau anda serius, pasti ada banyak jalan untuk memulai usaha mini butik ini menjadi satu usaha yang menguntungkan. Bagaimana? Kalau sudah siap, mari kita coba bahas dari beberapa segi tentang usaha mini butik ini:
  • Yang pertama perlu anda siapkan disini adalah display untuk memajang baju-baju yang akan dijual. Bisa dengan membuatnya dari kayu atau dengan membeli boneka besar ukuran asli atau manekin. Harganya, bisa ratusan ribu bahkan jutaan, tergantung pada dimana anda mencari. Tapi, untuk awal, agar menekan ongkos pengeluaran, pesan saja ke tukang kayu untuk dibuatkan gantungan baju yang cukup memadai guna memajang aneka baju anda.
  • Kemudian, untuk persiapan tempat, sudah kita bahas di awal tadi, lokasi sangat mempengaruhi untuk kesuksesan penjualan. Untuk itu, perlu diakali bagaimana bisa mendapatkan lokasi strategis dengan biaya yang cukup terjangkau, misalnya dengan sistem bagi hasil atau menyewa kepada teman yang punya lokasi bagus.
  • Hal lain yang perlu dipertimbangkan di sini adalah penyediaan barang yang mau dijual. Anda bisa membeli langsung secara grosiran aneka baju yang akan anda jual. Biasanya, penjualan dengan sistem seperti ini perlu kecermatan dalam memilih model baju yang layak jual sehingga nantinya tidak ada barang yang lama lakunya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah anda bekerjasama dengan salah satu perusahaan atau produsen kecil. Ajukan diri sebagai partner usaha dengan cara menjualkan baju mereka di mini butik anda dengan sistem kalau tidak laku bisa dikembalikan lagi. Hal ini bisa menghemat pengeluaran anda untuk modal awal penyediaan barang dagangan.
  • Dan yang terakhir, anda bisa menjual produk anda melalui online. Anda bisa membuat website untuk toko online anda. Cukup murah kok pembuatan website. Tidak saja offline tapi melalui online cukup bagus untuk menjual barang dagangan kita. 
Semoga sukses :)      

No comments:

Post a Comment