Google Play Store Lebih Unggul

Google sepertinya bangga melihat market place Android miliknya, Google Play Store berhasil mengalahkan popularitas Apple App Store di kawasan Asia Tenggara. Tidak heran jika jumlah akses dan unduhan dari Google Play Store jauh mengungguli Apple App Store.
Kita tahu bahwa Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform. Google Play mulai dikenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Dari sekian banyak jumlah unduhan di Google Play Store, game mobile lah yang paling sering diunduh para pengguna smartphone Android di Asia Tenggara.
Selain itu, dari penelitian mengatakan, pertumbuhan jumlah unduhan di Google Play Store di beberapa negara Asia Tenggara selalu meningkat pesat. Bahkan dari total unduhan game di kawasan Asia Tenggara, 50 % di antaranya berasal dari Indonesia. Tak hanya itu, jumlah unduhan aplikasi dari Google Play Store khusus kawasan Indonesia disebut sudah hampir menyamai Korea Selatan.

Sejauh ini, hanya 32 negara yang dapat melakukan pembelian aplikasi berbayar di Google Play, dan hanya 29 negara yang dapat melakukan penjualan aplikasi. Keterbatasan penjualan ini dapat mendorong pembajakan aplikasi berbayar, terutama dari negara-negara yang belum didukung Google Play.

Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment