Jagalah Akun Jejaring Sosial Kita Dari Hacker

Sekarang sudah banyak kasus akun yang dihack dan disalahgunakan memang kerap kali terjadi pada pengguna media sosial. Ternyata ada beberapa cara agar akun jejaring sosial tak mudah untuk dibajak hacker. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna media sosial agar akun mereka aman dari hacker. Selain itu, data dan foto-foto pribadi kita yang ada dalam perangkat, seperti smartphone, juga harus dijaga baik-baik agar tak mudah disebar oleh orang lain. Yang kita tahu tentang hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.
Nah jika kita tidak ingin akun kita dihack kita harus menjaga keamanan akun menjadi hal wajib yang harus kita perhatikan. Belakangan ini dengan makin besarnya jumlah pengguna sosial media, nyatanya tidak diimbangi dengan pengetahuan keamanan dunia internet yang mencukupi. Orang cenderung tidak mengacuhkan atau kebanyakan tidak tahu sama sekali bahwa terkadang banyak hal hal kecil dan sederhana yang sebenarnya merupakan dapat membukakan pintu keamanan akun anda bagi hacker nakal.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna agar akun media sosial tidak mudah dibobol hacker:
  • Data pribadi kita harus disimpan ditempat yang aman dan jangan sampai orang lain mengetahuinya dan jangan menyimpan data akun di browser.
  • Amankan password agar foto dan data pribadi tak mudah tersebar.
  • Rajin-rajinlah membuka akun, kalau bisa ganti password secara teratur, kalau bisa sekali dua minggu Buatlah password yang sulit diterka orang lain.
  • Dan back up data kita secara online maupun offline.
Kebanyakkan dari kita, kita sering kali memberi tahu password yang bersifat pribadi kepada teman kita itu bisa menjadi salah satu pemicu akun media sosial kita dapat disalahgunakan.
Baru-baru ini Kasus foto syur yang tersebar melalui akun instagram salah satu personel Duo Serigala, Pamela Safitri, telah banyak menyedot perhatian kita baru-baru ini. Kalau yang belum tahu, cari tahu sendiri ia :). Pamela dan manajemennya menyebut akun instagram miliknya dibajak sehingga foto-foto syur itu tersebar luas.
Tetap waspada dan tidak memberikan data online kita kepada sembarang orang. Itu merupakan kunci dari keamanan akun kita. Terkadang orang akan menyepelekan hal tersebut, namun kita tidak pernah tahu apa yang bisa dilakukan oleh seorang hacker dalam memanfaatkan data yang mereka curi. Dan dengan memperhatikan hal-hal sederhana tersebut kita sudah bisa menghindarkan diri dari kemungkinan-kemungkinan buruk di dunia internet yang mungkin menyerang kita.

Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment