Sepertinya Sekarang Ini Zaman Bunuh-Membunuh

Allah SWT berfirman: Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan”. (Q.S. Al Isra’/17 : 33).
Hadis riwayat Abdullah bin Mas`ud ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah halal darah seorang muslim yang telah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan aku adalah utusan Allah, kecuali satu di antara tiga perkara ini: Seorang yang telah kawin lalu berzina, seorang yang membunuh jiwa orang lain, dan orang yang meninggalkan agamanya lagi memisahkan diri dari jemaah. (Shahih Muslim No.3175)  
Sekarang ini banyak terjadi kasus pembunuhan. Pembunuhan anak kandungnya sendiri, pembunuhan teman,  pembunuhan orang yang tidak berdosa, dan bahkan ada juga yang membunuh kedua orang tuanya. Apakah tidak mikir mereka??? Seperti tidak berharga nyawa seseorang bagi pelaku pembunuhan tersebut.
Dan saya sedih dengan berita kasus pembunuhan yang keji, gara-gara terlambat mendapatkan gaji,seseorang membunuh, gara-gara majikan tidak mau minjamkan duit seseorang bisa membunuh, gara-gara hal sepele seseorang membunuh, gara-gara majikan selalu marah-marah seseorang membunuh, dan yang sangat saya sesali, gara-gara tidak dikasih motor dengan kedua orang tuanya anak kandungnya sendiri bisa membunuh orang tuanya.
Pendapat  saya ada dua faktor yang menyebabkan seseorang membunuh: 
  1.  Tidak ada sedikitpun iman dihatinya.
  2.  Dan faktor ekonomi.
Kalau hati kita sudah tertutup kita tidak akan bisa menjadi seseorang yang sedikitpun memiliki kebaikkan. Kita tidak tahu yang mana yang baik dan yang mana buruk.  Hati dan pikiran kita sudah dikuasai oleh syaitan. Apapun kejahatan yang kita lakukan, kita tidak pernah merasa bersalah. Insyallah kita selalu dilindungi oleh Allah SWT, amin.
Dan faktor ekonomi juga menjadi penyebabnya kenapa orang-orang pada membunuh. Di dunia ini semua orang pada takut miskin, dan pada takut dihina. Sekarang pada banyak yang merampok dan juga membunuh orang yang dirampoknya. Dan sekarang orang-orang tidak mau dihina, kalau dihina mereka tidak akan segan-segan membunuhnya. 
Rasulullah SAW bersabda :
“Dengarlah para sahabatku, aku tinggalkan kepada kalian jalan yang benar dan jalan yang terang, dan telah aku tinggalkan dua penasehat. Yang satu pandai bicara dan yang satu lagi diam saja. Yang pandai bicara itu adalah Alquran,  dan yang diam itu ialah maut. Apabila ada persoalan yang sulit dan berbelit di antara kalian, hendaklah kalian kembali kepada Alquran dan Hadistku dan sekiranya hati engkau keras, lembutkan dia dengan mengambil pelajaran dari mati.” (wasiat nabi Muhammad SAW sebelum wafat).
Hanya dengan Al-Qur'an dan hadits kita bisa tenang. Kalau hati kita lagi resah dan risau ingatlah sama tuhan kita, Allah SWT dan kekasihnya nabi Muhammad SAW. Kadang kita selalu ingat dengannya, tapi kesalahan yang terjadi ialah kita malas beribadah. Dulu saya juga begitu, saya paling malas beribadah, emosian, dan jauh dari kebaikkan. Insyallah, sekarang saya berusaha untuk mendekati diri kepada Allah SWT. 
Rasulullah SAW bersabda:
”Iman itu kadang naik kadang turun, maka perbaharuilah iman kalian dengan la ilaha illallah.” (HR Ibn Hibban).
Iman yang ada dalam hati kita sering berubah-ubah. Iman bisa bertambah kuat, tapi  bisa juga terkikis tanpa kita sadari. Naik turunnya iman yang kita miliki tergantung kepada diri kita sendiri dalam menjaganya.
Rasulullah SAW bersabda : 
“Sesungguhnya kalbu-kalbu keturunan Adam berada di antara dua jari dari jari-jari Allah laksana satu hati, Allah membolak-balikannya sesuai kehendakNya,” kemudian beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa: “Ya Allah, Dzat yang membolak-balikan hati, palingkanlah hati-hati kami kepada ketaatanMu".(HR.Muslim).
Kesimpulannya, kita tidak bisa seenak hati membunuh orang. Hanya karena emosi kita atau hanya karena kemauan kita harus terpenuhi kita membunuh seseorang. Kalau ada permasalahan sepele, mari kita selesaikan dengan kepala dingin. Sekarang ini zaman sudah canggih, sekarang zamannya otak bukan zamannya otot. Semua manusia itu lemah, tidak ada seorang manusiapun yang kuat, pasti kita semua pernah merasakan sakit. Kalau selagi kita pernah merasakan sakit, berarti kita lemah. Yang kuat itu iman kita. Kalau iman kita kuat, maka semua permasalahan akan selesai. Semoga iman kita selalu bertambah, insyallah jangan sampai iman kita hilang dari kita, amin.

Semoga Bermanfaat :)


 
 
 

No comments:

Post a Comment